Minggu, 30 Januari 2011

Contoh Percakapan untuk Menanyakan Nama dalam Bahasa Mandarin


Jika dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris untuk berkenalan menanyakan nama kepada seseorang, kalimat yang sering kita dengar yaitu “siapa nama anda?” atau “what is your name?”, mungkin lebih mudah diingat ya…Dalam bahasa Mandarin kalimat menanyakan nama tersebut bukan hanya sekedar mengatakan “nama anda siapa?”, tapi ada tata cara dan sopan santunnya, namun bukan berarti akan lebih rumit dan sulit seperti yang kita bayangkan, hanya saja bahasa Mandarin itu sangat kaya dengan kosa kata, jadi untuk menanyakan nama, bahasa Mandarin memiliki cara yang beragam. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh percakapan berikut ini mengenai bagaimana menanyakan nama dan memperkenalkan seseorang.
Percakapan

Contoh1
Download
:

阿美 :先生,请问您贵姓
Download


Ā měi : xiānshēng, qǐng wèn nín guì xìng?

Amei: Tuan, nama anda siapa?

李 医生 :我姓李,你叫什么名字?
Download

lǐ yīshēng : wǒ xìng lǐ, nǐ jiào shénme míng zì?

Dokter Li: Saya bermarga Li, Siapa namamu?

阿美 :我叫阿美, 您是老师吗?
Download

Ā měi : wǒ jiào ā měi, nín shì lǎo shī ma?

Amei: Nama saya Amei, apakah anda guru?

李 医生 :我不是老师, 我是医生。
Download

lǐ yīshēng : wǒ bú shì lǎoshī ,wǒ shì yī shēng

Dokter Li : Saya bukan guru, saya dokter

Contoh2
Download
:

阿利:小姐,我怎么称呼你?
Download

Ā lì : xiǎojiě, wǒ zěnme chēnghū nǐ

Ali : Nona, Bagaimana saya memanggil kamu? (namamu siapa?)

阿美:我叫阿美, 请问你姓什么?
Download

Ā měi: wǒ jiào ā měi,qǐngwèn nǐ xìng shén me?

Amei: Nama saya Amei, apa margamu?

阿利:我姓王, 我叫王利。
Download

Ā lì : wǒ xìng wáng, wǒ jiào wáng lì

Ali : Saya bermarga Wang, nama saya Wang Li

阿美:认识你,很高兴
Download

Ā měi: rènshì nǐ hěn gāoxìng

Amei: Senang berkenalan dengan kamu

阿利:认识你,我也很高兴。
Download

Ā lì : rèn shí nǐ wǒ yě hěn gāo xìng

Ali: Saya juga senang berkenalan dengan kamu

Contoh 3:
Download

阿美:阿利你好
Download

ā měi : ālì nǐhǎo

Amei: Apa kabar Ali

阿利:阿美好!她是谁?
Download

ā lì : ā měi hǎo tā shì shéi

Ali: Apa kabar Amei, dia siapa?

阿美:我来介绍一下儿,这是琳那
Download

ā měi: wǒ lái jièshào yīxiàer zhèshì línnà

Amei: Saya perkenalkan, Ini Linna

阿利:琳那,你好!我叫阿利
Download

ā lì : línnà, nǐhǎo! wǒ jiào ālì

Ali: Apa kabar Linna, Nama saya Ali

林那:你好!阿利,认识你很高兴
Download

lín nà : nǐhǎo! ā lì, rènshì nǐ hěn gāoxìng

Linna: Apa kabar! Ali, senang berkenalan dengan kamu

阿利:认识你我也很高兴
Download

ā lì : rènshì nǐ wǒ yě hěn gāo xìng

Ali: Saya juga senang berkenalan dengan kamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar